Pilih melahirkan normal atau operasi caesar? Sebagian besar ibu tentu ingin melahirkan dengan cara normal dan sebagian lainnya ingin melahirkan caesar saja agar rasa sakit tidak terlalu terasa. Menunggu persalinan normal dengan cara alami kadang juga memakan waktu lama, ini yang membuat ibu lelah dengan sakit yang tak tertahankan sehingga ingin segera melahirkan bayinya dengan cara apa pun. Nah, sekarang ini ada yang namanya metode ILA. Katanya, metode ini bisa meringankan rasa sakit saat ingin melahirkan normal. Seperti apa metodenya? Simak ulasannya berikut ini.

Apa itu metode ILA?
Rasa mulas dan nyeri yang tak tertahankan menjelang persalinan merupakan salah satu hal yang paling ditakutkan ibu hamil. Nyeri ini timbul akibat kontraksi rahim dan pelebaran leher rahim sebagai respon tubuh untuk mempersiapkan kelahiran. Tak heran jika beberapa ibu hamil lebih memilih melahirkan dengan operasi caesar dibandingkan normal untuk menghindari rasa sakit ini. Jangan khawatir, sekarang ini ada banyak metode yang bisa mengurangi rasa sakit menjelang persalinan sehingga ibu tetap bisa melahirkan normal. Nah, salah satu metodenya adalah ILA.

Dengan metode ILA, para ibu bisa melahirkan normal dengan rasa mulas atau nyeri yang minimal. ILA benar-benar membuat rasa mulas atau kontraksi saat akan melahirkan berkurang. Bagi ibu yang tidak bisa menahan atau tidak ingin merasakan mulas atau kontraksi saat menunggu kelahiran, metode ILA ini mungkin sangat membantu.

ILA atau Intrathecal Labour Analgesia merupakan salah satu metode induksi persalinan dengan cara menyuntikkan obat bius ke ibu hamil saat ingin melahirkan pada pembukaan empat atau lebih. Obat bius ini disuntikkan melalui tulang belakang bagian bawah dan membuat ibu mati rasa pada bagian pinggang sampai kaki. Jangan khawatir, ILA diberikan dalam dosis yang lebih sedikit dibandingkan epidural, sehingga hal ini membuat kondisi ibu lebih aman saat melahirkan.

antibiotik saat melahirkan
Apakah metode ILA cocok buat saya?
Literatur menunjukkan bahwa ILA dapat digunakan secara efektif dan ekonomis untuk membantu ibu menjelang persalinan saat rasa nyeri yang timbul tidak tertahankan. Metode ini tergolong lebih murah dalam sisi harga dibandingkan metode epidural. Jadi, metode ILA ini tentu sangat membantu bagi ibu hamil yang ingin tetap melahirkan secara normal tapi tidak ingin merasakan mulas atau nyeri berlebih.

Di sisi lain, karena rasa mulas tidak dapat dirasakan ibu saat sudah disuntik ILA, beberapa ibu mungkin tidak bisa merasakan waktu kapan ia harus mengejan. Hal ini membuat ibu kurang bisa merasakan proses melahirkan normal yang benar-benar “alami”. Bagi sebagian ibu, hal ini mungkin membuatnya jadi kurang puas karena kurang bisa merasakan proses melahirkan normal. Selain itu, karena berkurangnya refleks mengejan, persalinan dengan ILA juga membuat kemungkinan bayi dilahirkan dengan bantuan vakum atau forsep menjadi meningkat.

Pada intinya, pilihan mencoba metode ini harus benar-benar dipertimbangkan sebelum persalinan. Diskusikan dengan dokter, bidan, suami, atau doula sebelum memilih metode ILA untuk bersalin.

Apakah ada efek sampingnya?
Efek samping mungkin jarang terjadi mengingat dosis yang diberikan sangat sedikit. Namun, kemungkinan-kemungkinan efek samping yang timbul tentu ada. Beberapa efek samping yang mungkin terjadi seperti gatal-gatal, mual, sakit kepala, gangguan pernapasan, dan tekanan darah menurun.

Sumber : https://hellosehat.com/kehamilan/melahirkan/metode-ila-mempercepat-persalinan/#gref

Mengenal Metode ILA untuk Persalinan Normal Tanpa Rasa Sakit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *