Sering kita melihat tanda larangan di tempel di rumah sakit “Anak Dibawah Usia 12 Tahun Dilarang Masuk” mungkin kita pernah mendengar bahkan mungkin mengalaminya sendiri, mendapat teguran dari securiti, perawat atau dokter saat berkunjung ke rumah sakit dengan membawa buah hati kita.

Sebagai manusia banyak sekali respon yang dilakukan saat mendengar larangan itu terucap, ada yang mematuhinya ada yang cuek dan tetap membawa masuk ada juga yang marah-marah karena tidak terima dan dengan berbagai alasan utuk tetap membawa anak masuk.

Sebenarnya larangan yang diberlakukan oleh rumah sakit itu bukan tanpa adanya alasan atau hanya sekedar peraturan iseng rumah sakit saja, namun memiliki tujuan yang baik. Beberapa hal ini mungkin sebagai poin untuk kita berfikir agar tidak membawa anak kita saat berkunjung ke rumah sakit.

Membawa anak berkunjung ke rumah sakit berdampak pada kesehatan anak itu sendiri, kenapa demikian, karena daya imun pada anak belumlah sempurna sehingga akn mudah tertular penyakit yang ada di area lingkungan rumah sakit yang lebih terkenal dengan sebutan Nosokomial (penyakit yang didapat saat di rumah sakit).

Selain resiko tertularnya penyakit, gangguan psikologis juga bisa terjadi pada anak kenapa demikian, karena saat berkunjung anak anak bukan saja melihat tapi mendengar orang sakit, ada yang berteriak, ada yang merintih dan bahkan ada yg sedang mengalami pendarahan hebat karena kecelakaan khususnya di ruang UGD. Hal ini tentusaja akan terngiang di pikiran anak sehingga terjadi trauma dan ketakutan ketakutan yang dapat menggangu daya kembang sibuah hati.

Selain banyaknya kuman virus penyakit rumah sakit juga sebagai tempat istirahat bagi orang yang sedang sakit, kita juga paham bahwa anak sangatlah beragam tidak selalu diam anak-anak cenderung rewel dan susah di atur teriak-teriak berlarian sehingga menggangu orang lain, bayangkan saat kita sakit ingin istirahat namun terasa terganggu dengan suasana yang kurang kondusif. suasana yang tenang dan nyaman adalah salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan pasien di rumah sakit.

Maka dari itu sebagai orang tua hendaknya lebih bijak dalam mengajak anak untuk berkunjung apabila tidak dalam kondisi yang sangat terpaksa janganlah membawa anak ikut serta ke rumah sakit. (ampulkosong.blogspot.co.id)